Pengaruh Lirik Lagu Atau Cuma Kebetulan?

Sudah banyak yang mengingatkan bahwa lirik lagu bisa mempengaruhi penyanyi dan pendengarnya. Secara langsung saja bisa kita rasakan, ada lagu yang bisa membawa pendengarnya menjadi ceria. Ada juga yang dari mendengar lagu, menjadikan moodnya hilang, atau malah menjadi sedih.

Lebih jauh lagi lirik lagu bisa saja mengubah nasib pendengarnya. Seperti lagu “we are the champion” banyak mengilhami orang untuk berjuang sampai menjadi juara. Dan sebaliknya, lagu-lagu melankolis dan cengeng akan membawa pendengarnya menjadi sensi, mendayu-dayu, dan mungkin juga mengalami kejadian seperti yang dilantunkan dalam lagu kesukaannya itu.

Beberapa waktu lalu, saya mengamati anak saya yang paling kecil umur tiga tahun. Dia senang sekali melihat youtube. Tentunya chanel anak-anak. Seperti animasi truk dan excavator, lagu-lagu anak, serta film-film kartun (peppa pig, shaun the sheep, dll).

Salah satu chanel yang disukai adalah chanel lagu-lagu anak. Memang kebanyakan lagu-lagu anak berbahasa Inggris. Dia juga mulai fasih mengikuti lagu-lagu tersebut. Salah satu lagu yang disukai adalah lagu ‘five little monkeys jumping on the bed’. Di youtube banyak sekali video tersebut dengan berbagai versinya. Di situ diceritakan ada lima monyet yang berlompat-lompatan di tempat tidur, kemudian satu persatu jatuh, terbentur kepalanya.

Ini contoh videonya:

Lagu tersebut ada unsur edukasinya, yaitu belajar menghitung mundur dari lima sampai satu dan sampai habis. Tetapi lagu tersebut juga menginspirasi anak untuk lompat-lompatan di tempat tidur. Sepertinya memang kegiatan lompat-lompatan di tempat tidur menjadi aktivitas favorit anak-anak.

Kalau Cuma loncat-loncat saja ya tidak ada masalah yang berarti. Tetapi entah saking semangatnya, atau karena juga faktor pengaruh lirik dan gambar dalam video tersebut, tidak cuma lompatnya yang ditiru, bahkan sampai jatuh dan terbentur kepalanya juga menjadi kenyataan. Meskipun sudah kita coba menjaga anak dengan hati-hati, tapi masih juga kecolongan.

Dari kejadian tersebut, saya kembali tersadar. Entah itu Cuma kebetulan belaka, atau memang ada pengaruhnya antara lirik lagu dengan kenyataan di kehidupan, ada baiknya kita bijak dalam memilihkan lagu baik untuk anak maupun untuk diri kita sendiri. Pilih lagu yang tidak membahayakan fisik, fikiran, dan jiwa kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*