Lampu Super Hemat Energy

Dulu tahun 90-an saya inget pernah mimpi, beneran mimpi sebagai bunga tidur, yang masih saya ingat sampai sekarang. Dalam mimpi tersebut saya sedang menggantungkan lampu listrik di langit-langit, tapi nggak tersambung dengan jaringan PLN. Cahayanya sangat terang dan bisa mengalahkan terangnya lampu TL di kamar saya.

Saat terbangun, saya jadi kepikiran, jangan-jangan suatu saat akan terjadi, lampu-lampu penerangan di rumah nggak perlu lagi nyambung ke jaringan listrik PLN. Tiap lampu sudah punya sumber energinya sendiri. Meski kecil dan kompak, cahayanya sangat terang dan sumber energi / battery-nya bisa bertahan lama, berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Lampu LED

Untuk lampunya sendiri, sekarang mungkin sudah mendekati kenyataan. Dengan hadirnya lampu LED yang bentuknya makin beragam, dengan sinarnya yang sudah semakin tajam dan terang. Lampu LED sekarang sudah banyak digunakan untuk accessories otomotif dan juga untuk lampu darurat (emergency lamp). Bentuk fisik lampu LED juga semakin kecil saja. Kebayang berapa tahun lagi akan muncul micro-LED dengan fisik yang semakin kecil dengan cahaya yang makin terang.

Tinggal battery-nya nich, saat ini kayaknya perkembangan teknology battery masih lambat. Ukuran battery memang bisa semakin kecil, tapi daya tahannya belum bertambah. Saya bukan pengamat teknology battery lho, jadi ngeliatnya secara orang awam saja ya.

Battery

Battery yang saya anggap canggih yang beredar luas di pasaran paling battery buat HP, smartphone, sama laptop. Itupun kalau dipakai terus-terusan paling kuat dalam hitungan jam, paling lama hitungan hari sudah harus di charge lagi.

Kebayang suatu saat akan muncul battery yang ukuran fisiknya kecil tapi mampu menyimpan daya yang besar, kalau dicharge butuh waktu singkat dalam hitungan menit langsugn fully-charged dan bisa tahan berbulan-bulan. Wahh.. nyaman bener kalau ada battery kayak gini.

Namanya teknology pasti terus berkembang kan? Kebayang juga ada battery yang bisa self charging atau auto generated energy. Mungkin semacam battery hydrogen atau mungkin juga akan terjadi battery micro-nuclear. Ada reaktor nuklir micro dalam kepingan battery mungil, yang bisa tahan bertahun-tahun menghasilkan energy yang stabil.

Kalau sudah begini, mimpi saya tahun 90-an tadi pasti bisa terwujud, he..he..he..

Namanya juga mimpi, moga-moga aja bisa terwujud & jadi kenyataan.

Fuad Muftie
Mudahnya bisnis busana muslim bersama Toko Addina

2 Responses to “Lampu Super Hemat Energy”
  1. AGEM says:
  2. Richard says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*