Cara Cepat Menenangkan Bayi Yang Rewel Menangis

Sering kita sebagai orang tua merasa bingung dengan tangisan bayi. Karena komunikasi yang bisa dilakukan bayi untuk memberitahu ketidaknyamanannya ya baru sebatas dengan menangis. Kadang sudah dicoba berbagai cara, bayi belum bisa juga tenang. Atau malah tambah kencang nangisnya. Memang ini menjadi salah satu tantangan kita sebagai orang tua, bagaimana caranya menenangkan bayi yang rewel dan menangis dengan penanganan yang tepat dan cepat.

Dr. Robert Hamilton dari Pacific Ocean Pediatrics di Santa Monica USA memiliki teknik yang unik untuk menenangkan bayi yang rewel dan menangis tersebut dengan cepat. Tekniknya sederhana dan bisa dilakukan dengan mudah oleh kita sebagai orang tua.

Menurut Dr. Robert teknik ini sudah berhasil diterapkannya selama lebih dari 30 tahun di ruang prakteknya. Secara ringkas tekniknya adalah seperti ini:

Pertama: lipat kedua tangan bayi di dadanya

Kedua : Tahan kedua tangan dan dagu bayi dengan tangan kiri, sementara gunakan tangan kanan (tangan yang dominan) Anda untuk memegang pantat bayi (Jika anda kidal, gunakan sebaliknya).

Ketiga: Kemudian secara lembut goyangkan bayi dengan sudut kemiringan 45 derajat sampai bayi tenang.

Berikut videonya:

Teknik ini sangat baik diterapkan pada bayi umur sekitar 2 sampai 3 bulan, kata Hamilton. Jika lebih dari tiga bulan, biasanya mereka menjadi semakin berat bagi orang tua untuk menahan secara aman dengan posisi bayi seperti yang terlihat dalam video.

Dia juga mengatakan untuk menahan bayi menggunakan bagian yang empuk (berdaging) dari tangan Anda dan jangan menggunakan ujung jari Anda. Yang terpenting adalah jaga bayi pada sudut kemiringan 45 derajat ke depan. Jika tidak, bayi mungkin tiba-tiba mendongakkan kepalanya dan Anda bisa kehilangan kendali yang menyebabkan bayi jatuh.

Hamilton mengatakan jika bayi Anda tidak tenang, bisa jadi karena dia lapar atau sakit.

Dan ini saya rincikan langkah-langkahnya seperti terlihat dalam video:

– Angkat badan bayi dengan kedua tangan anda
– Posisikan bayi seperti akan tengkurap, dengan menahan badan dan lengan kanan bayi menggunakan tangan kanan anda
– Kemudian dengan tangan kiri anda, lipat tangan kiri bayi sehingga kedua tangan bayi berada di dada bayi. Kedua tangan bayi menjadi seperti orang bersedekap.
– Tengkurapkan bayi dengan menyangganya menggunakan tangan kiri anda
– Tangan kanan anda kemudian menopang pantat bayi.
– Goyangkan bayi naik dan turun
– Perhatikan tangan kiri anda, selain menahan kedua tangan bayi dan badan bayi, posisikan dagu bayi di antara jari telunjuk dan ibu jari tangan kiri anda
– Sesekali goyangkan bayi ke kanan dan ke kiri. Atau goyangkan pantat dan kaki bayi menggunakan tangan kanan anda
– Posisikan bayi dalam kemiringan sekitar 45 derajat. Jangan buat bayi tegak untuk menghindari terpeleset atau terjatuh ke belakang

Sumber: http://www.huffingtonpost.com/entry/calm-any-crying-baby-robert-hamilton_565e6b72e4b072e9d1c40aa4
One Response to “Cara Cepat Menenangkan Bayi Yang Rewel Menangis”
  1. Hosting says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*