Anak adalah Investasi Terbesar untuk Bangsa dan Agama kita

Dalam salah satu video yang diunggah netizen, saya sangat terkesan dengan pemaparan Ust Alimin, S.Pd seorang da’i muda, yang mengingatkan kita bahwa anak adalah investasi terbesar untuk bangsa dan agama kita. Karena merekalah generasi penerus yang nantinya akan menggantikan kita dalam mengurus dan mengelola bangsa dan Negara ini.

Ust. Alimin, S.Pd

Ust. Alimin, S.Pd

Dalam ceramahnya tersebut, Ust Alimin membukanya dengan menekankan kembali bahwa Agama Islam sangat memberikan perhatian khusus terkait dengan anak-anak kita. Baik buruknya bangsa ditentukan oleh baik buruknya generasinya.

Yusuf al-Qaradawi dalam salah satu ceramahnya pernah mengatakan “jika ingin mengetahui nasib suatu bangsa, maka lihatlah generasi muda anak-anak bangsa itu”. Jika hari ini anak-anak kita dan generasi-generasi penerus kita membicarakan hal-hal yang negatif, terpengaruh dengan pornografi, kecanduan di game-game center dan semacam itu, maka sejatinya nasib bangsa itu juga demikian.

Begitu pula yang berlawanan, jika hari ini anak-anak generasi penerus bangsa kita membicarakan kebikan untuk bangsa kita. Maka demikian juga nasib bangsa kita ke depan, akan mendapat kebaikan-kebaikan.

Beberapa waktu lalu, ramai media kita membicarakan kalau bangsa kita sudah darurat kekerasan terhadap anak. Perlu dicermati juga apakah itu maksudnya kekerasan seksual, kekerasan fisik, atau kekerasan non fisik. Tapi itulah yang kita lihat di sekeliling kita sekarang.

Padahal kalau kita mau merenungkan kembali atas doa yang kita inginkan untuk anak kita, atau juga doa yang kita panjatkan untuk untuk orang tua kita:

“Rabbighfirli waliwalidayya warhamhuma kama rabbayani shaghira”

Artinya : “Ya Tuhanku, ampunilah dosaku dan dosa ayah serta ibuku, dan sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku sewaktu aku masih kecil”

maka selaku orang tua, pendidik, atau siapapun yang peduli dengan kehidupan anak-anak, peduli dengan nasib bangsa kita paling tidak ada 3 hal yang perlu kita seksamai bersama:

1. Yang pertama: mari kita mengingat kembali , mengulang-ulang kembali, bahwa anak-anak adalah titipan dari Allah SWT, mereka adalah amanah dari Allah SWT.

2. Yang kedua: bagaimana kita pintar dengan media. Maksudnya adalah untuk mengisolir media saat ini bukanlah pilihan bijak. Yang perlu kita lakukan adalah memberikan pengertian yang baik kepada anak bahwa pada media ada kebaikan dan ada keburukan. Media bagaikan mata pisau, bisa membunuh atau memberikan manfaat.

3. Yang ketiga adalah memagari anak-anak kita dengan membersamai keimanan dan pendidikan agama.
itulah yang penting untuk membentengi anak dari apapaun juga. Jika ingin anak berhasil, ingin menjadi generasi penerus yang unggul, maka pendidikan anak dan pendidikan agama bagi mereka menjadi penting.

No Responses to “Anak adalah Investasi Terbesar untuk Bangsa dan Agama kita”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*